Kekurangan dan Kelebihan Mobil Toyota Agya, Review Mobil Toyota Agya

Kekurangan dan Kelebihan Mobil Toyota Agya, Review Mobil Toyota Agya : Untuk sobat yang sedang mencari mobil yang ramah lingkungan serta LCGC dan tidak kalah keren mengaspal di jalan raya ibu kota, maka sobat tidak salah pilih jika memlilih mobil Toyota Agya. Mobil Toyota Agya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2012 di ajang IIMS (Indonesia Motor Show) berbarengan dengan saudara kembarnya yaitu Daihatsu Ayla. Ketika itu mobil Toyota Agya menjadi perbincangan utama yang begitu krusial. Karena sebelumnya Toyota sudah merilis terlebih dahulu mobil dengan harga terjangkaunya yang dinamakan Toyota Etios Valco yang sama-sama dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

Mobil Toyota Agya secara resmi mulai dijual di Indonesia sejak tahun 2013. Mengandalkan keunggulan pada sektor irit bahan bakar serta ramah terhadap lingkungan, nyatanya mobil ini berhasil sukses pada sektor penjualan yang terbilang fantastis. Apalagi mobil Toyota Agya pun mulai di ekspor ke negara Fillipina dan Malaysia. Untuk di negara Malaysia sendiri, mobil ini diberi nama yaitu Perodua Axia, sedangkan untuk di negara Filipina sendiri, mobil Toyota Agya dinamakan Toyota Wigo. Sedangkan untuk di pasar otomotif Indonesia sendiri, mobil Toyota Agya menjadi pesaing tangguh untuk mobil ternama lainnya seperti KIA Morning, Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon, Nissan March 1.2, Datsun Go Panca serta yang terakhir Mitsubishi Mirage.

Bagian Luar Mobil Toyota Agya
Kekurangan dan Kelebihan Mobil Toyota Agya, Review Mobil Toyota Agya
Tampak Depan Mobil Toyota Agya

Jika lihat sekilas, mobil Toyota Agya memang mempunyai kemiripan dengan mobil Daihatsu Xenia ataupun dengan Toyota Avanza. Gaya yang dimilikinya terlihat cerdas dan simple. Lengkap beserta beberapa ornamen krom pada beberapa sudut. Untuk bagian depannya sendiri Agya disokong dengan grill berukuran besar yang dapat berfungsi untuk ruang sirkulasi udara disamping dari bagian tengah bumper. Dan headlampnya sendiri tergolong kecil, akan tetapi tetap mampu memberikan pencahayaan yang cukup maksimal untuk menerangi perjalanan di malam hari.

Tampak Belakang Mobil Toyota Agya

Pada bagian belakang dari mobil Toyota Agya berkesan unik. Yang mana kedua lampu remnya nampak terlihat cukup imut. Sebanding dengan headlamp, pada trim menengah dan atas sudah disertakan dengan reflektor tambahan yang dapat berfungsi sebagai lampu mundur dan untuk lampu yang berwarna merah dapat digunakan untuk pemantul cahaya dari cahaya mobil lain pada saat malam hari. Tidak ketinggalan sebuah wiper pun terpasang pada kaca belakang mobil Toyota Agya yang dapat berfungsi menghilangkan air atau embun yang tertempel pada kaca mobil belakang ketika hujan ataupun ketika melewati pegunungan dengan suhu dingin sekali. Namun sangat disayangkan, defogger belum hadir di semua Trim Agya.

Bagian Dalam Mobil Toyota Agya
Jika kita melihat bersama pada ruang kabinnya, nampak sangat jelas bahwa cabin terlihat biasa saja. Dengan persatuan warna silver dan abu-abu pada tengah dashboard. Point penting yang bisa dipuji dari sektor interiornya yaitu susunal panel dashboard yang terlihat modern dan tersusun dengan rapih. Mulai dari pengatur audio hingga tombol pengatur suhu, kisi-kisi udara pendingin. Tersedia tiga cup holder pada konsol tengah, namun belum tersedia pada bagian lainnya.

Interior Mobil Toyota Agya

Walaupun ukuran mobilnya kecil, namun interior Agya terbilang cukup luas yang mampu menyisakan banyak ruang kaki pada bagian belakang dan depan. Sedangkan untuk kursi penumpangnya sendiri, memakan kursi tipis agar dapat memaksimalkan space ruangan yang tersedia. Lalu bagaimana dengan bagasi? Terbilang bagasinya mempunyai ukuran yang luas, yaitu 260 liter yang dapat memasukkan koper sejumlah 4 sekaligus.

Performa dan Kinerja Mesin Toyota Agya
Pada sektor mesin, mobil Toyota Agya dibekali dengan mesin 1KR-DE injeksi dengan kapasitas 1.0 liter (1.000cc) lengkap beserta konfigurasi 3 silinder 12 katup DOHC. Dan performa yang mampu dihasilkan berupa 64 HP pada putaran mesin 6000 RPM dengan torsi 86 Nm pada 3.600 Rpm. Memang tergolong cukup kecil bila dibandingkan dengan mesin 4 silinder dari Toyota Yaris ataupun Toyota Vios. Mesin ini dikolabirasikan dengan gearbox manual 5 percepatan serta Matic 4 Percepatan.


Sudah dilakukan beberapa test agar dapat mengetahui berapa banyak konsumsi bahan bakar yang diperlukan. Untuk jalan dalam kota sendiri, mobil Toyota Agya hanya membutuhkan bahan bakar minyak 1 liter dapat menempuh jarak sejauh 14 km, sedangkan untuk ke luar kota sendiri dengan 1 litar BBM dapat menempuh jarak sejauh 17 km sampai dengan 19 km. Tapi ini dengan catatan mobil berjalan stabil pada kecepatan 60 km/ jam.

Handling dan Impresi Toyota Agya
Karena mobil Toyota Agya dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau, tentunya pada beberapa komponen mesinnya menggunakan komponen berkualitas biasa saja, termasuk pada bagian suspensi dan kaki-kaki. Dibekali dengan suspensi depan Macperson Strut untuk bagian depan, serta semi independent torsion axle beam untuk bagian belakang, bantingannya memang terbilang terasa cukup keras. Apalagi ditambah dengan bobot mobil yang terbilang ringan yang mempunyai bobot kurang dari 1 ton. Jadi untuk sobat yang sudah terbiasa membawa mobil sedan, tentunya begitu membawa mobil ini terasa kurang nyaman. Dan untuk handlingnya sendiri dirasa cukup hambar, bahkan bisa dikatakan tidak ada kesan menarik dari sektor pengendalian Agya. Hal ini tergolong wajar, karena mobil Toyota Agya memang diperuntukkan untuk mereka yang pertama kali baru menggunakan mobil.

Spesifikasi Mobil Toyota Agya

Tenaga : 64 HP@ 6.000 Rpm
Mesin : 1KR-DE DOHC 1.0 Liter, 3 silinder segaris 12 katup VVTi
Bore x Stroke : 71 mm x 84 mm
Torsi : 86 Nm @3600 Rpm
Konsumsi BBM : 8-14 Km/ L (dalam kota), 17-19 km/ Liter (luar kota)
Rasio Kompresi : 10 :1
Suspensi : Belakang semi independent torsion axle beam, depan McPherson stru
Transmisi : manual 5 percepatan serta matic 4 percepatan
Tahun Penjualan : dari 2013 sampai dengan sekarang
Rival : KIA Picanto Morning, Honda Brios Satya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, Nissan March, Datsun Go serta Mitsubishi Mirage

Kekurangan Mobil Toyota Agya
  • Kualitasnya terlalu sederhana
  • Harga masih terbilang mahal
  • Bobot ringan
  • Plat Body terlalu tipis
  • Bantingan keras
  • Tenaga kecil
  • Handling Hambar

Kelebihan Mobil Toyota Agya
  • Design eksterior sederhana namun cerdas
  • Fitur keamanan cukup lengkap untuk kelasnya 
  • Ruang bagasi dan kabin cukup luas 
  • Susunan panel dasboard menarik
  • Tersedia pilihan Transmisi matic dan manual
  • Mesin bandel
  • Harga jual stabil
  • Cukup irit (tergantung gimana bawanya)

Kiranya cukup sekian ulasan lengkap seputar Kekurangan dan Kelebihan Mobil Toyota Agya, Review Mobil Toyota Agya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kekurangan dan Kelebihan Mobil Toyota Agya, Review Mobil Toyota Agya"

  1. Mobil Agya merupakan salah satu mobil LCGC termurah yang bisa dijadikan pilihan. Toyota Agya juga memiliki spesifikasi yang bisa dibilang mumpuni

    ReplyDelete