Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 D8 dan D9 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406 : Mobil Peugeot 406 ini memang sangat nyaman sekali ketika digunakan untuk berkendara jarak jauh, disamping tetap empuk ketika mengarungi jalan yang berlubang. Dari segi bensin memang agak boros namun tidak terlalu boros, pengalaman saya pergi dari Jakarta ke Bandung tepatnya Ciwidey menghabiskan bahan bakan kurang lebih Rp.400.000 - Rp. 450.000,- dalam kondisi jalan yang cukup macet dan menanjak. Yang pasti ketika anda berkedara dengan mobil ini, anda tidak akan merasa letih dan tetap nyaman ketika anda sedang tidur menggunakan mobil buatan Prancis ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 D8 dan D9 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406
Peugeot 406 Tampak Depan
Mobil Peugeot 406 ini memang sebanding atau setara dengan mobil Eropa lainnya seperti Mobil BMW seri 3 dan Mercedes-Benz C Class. Peugeot 406 ini pun pernah digunakan dalam film Taxi. Untuk edisi dulu mobil Peugeot 406 ini sebenarnya mempunyai kembaran yang bernama Citroen Xantia. Mobil Peugeot 406 ini di design oleh Laurent Rossi dan untuk Peugeot 406 yang versi kupenya didesign oleh Rumah Design Pininfarina.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 D8 dan D9 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406

Mobil ini menggunakan mesin bertenaga PSA seri XU10J4R dengan kapasitas 2000 cc berkonfigurasi 4 cilinder DOHC 16 Valve. Konon mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 135 HP pada 5500 Rpm dan torsi 187 Nm pada 4200 Rpm. Dan untuk sistem bahan bakarnya sendiri sudah menggunakan injeksi. Meskipun pada masa itu Indonesia belum menentukan standar emisi gas buang kendaraan yang begitu ketat seperti sekarang, namun mobil Peugeot 406 ini sudah membekali dengan catalytic converter yang membuat bahan bakar dengan oktan yang cukup tinggi sangat diperlukan oleh mobil ini. Mobil Peugeot tidak boleh menggunakan bahan bakar premium dan setidak-tidaknya harus menggunakan bahan bakar Pertalite. Untuk yang versi Facelift, mesin XU10 ini sudah diganti dengan EW10J4R agar sesuai dengan standar emisi gas buang yang berada di eropa yang kala itu sudah Euro 4 dengan spesifikasi yang tidak berbeda. Agar dapat mentransfer mesin mobil Peugeot 406 ini ke roda depan, mobil ini sudah dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan atau 4 percepatan otomatis.

Mobil Peugeot 406 ini hadir dalam dua versi yang masing-masing diantaranya yaitu versi 406 D8 untuk versi lama dan 406 D9 (Facelift) untuk versi terbarunya. Perbedaan dari keduanya terletak dari bagian lampu depannya, yang mana untuk Peugeot 406 D8 menggunakan lampu depan berjenis reflektor biasa dengan bentuk lampu yang lebih lebar. Sedangkan untuk Peugeot 406 D9 memiliki lampu depan yang lebih panjang dan sipit dan sudah menggunakan reflektor diamond cut. Perbedaannya lainnya terletak pada bagian grillnya, yang mana untuk Peugeot 406 D8 memiliki grill berbentuk palang horizontal sedangkan untuk Peugeot 406 D9 berbentuk jaring lengkap beserta logo singa yang lebih lebar ketimbang dengan 406 D8. Bagian bumper depannya pun ketara sekali perbedaannya, yaitu terletak pada bagian sirkulasi udaranya. Dan untuk bagian sampingnya, Peugeot 406 D8 menggunakan lis dengan warna hitam polos, sedangkan Peugeot 406 D9 menggunakan lis chrome dengan posisi lampu sein yang berbeda posisinya. Perbedaan lainnya terletak pada bagian lampu sein belakangnya, yang mana untuk Peugeot 406 D8 menggunakan lampu sein berwarna putih yang bersatu dengan lampu rem, sedangkan untuk Peugeot 406 D9 menggunakan lampu sein berwarna merah lengkap dengan splitter. Bagasi Peugeot 406 D8 lebih cekung ketimbang dengan Bagasi Peugeot 406 D9 yang mempunyai bagasi lebih cembung.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 D8 dan D9 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406


Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 D8 dan D9 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406

Feature - feature yang tersedia pada mobil Peugeot 406 ini terbilang cukup lengkap dan elit. Yang mana mobil Peugeot 406 ini telah mengusung fitur standar seperti Power Window, Power Stering dan ABS, jadi tidak salah jika mobil ini layak untuk disejajarkan dengan mobil executive eropa lainnya. Pada sektor safety atau keselamatan, pada mobil buatan Prancis ini disamping sudah tersedia dengan fitur ABS, pada mobil ini pun sudah dilengkapi dengan feature Air Bag. Air Bag yang tersedia pada Peugeot 406 D8 itu hanya terdapat satu, sedangkan untuk Peugeot 406 D9 sudah tersedia Air Bag sejumlah 4, sedangkan untuk Peugeot 406 D9 KCD sudah tersedia dua Air Bag. Tidak cukup sampai disitu, pada mobil Peugeot 406 ini pun telah dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti Fog Lamp bagian belakang, rear sun shade screen. Dan spesial untuk Peugeot 406 D9 AC sudah dilengkapi dengan fitur Climate Control, MID serta Cruise Control untuk varian transmisi maticnya.

Sebenarnya mobil Peugeot 406 ini terbilang canggih di eranya, hal ini dapat terbukti dari bagian kaki2nya yang telah menggunakan suspensi konstruksi segi tiga dengan McPherson strut serta anti tilt bar yang begitu unik sehingga mampu meredam suara roda depan yang keluar sehingga terasa lebih nyaman ketika sedang mengendarai mobil ini. Dan untuk suspensi bagian belakangnya sendiri sudah dibekali dengan multi arm lengkap beserta sistem micro steering, jadi dengan demikian mobil ini mempunyai toleransi sudut toe sejumlah 5 derajat menikung. Sehingga roda bagian belakang mobil ini mampu bergerak sedikit layaknya mobil 4 wheel steering. Meskipun pada mobil Peugeot 406 ini sudah memiliki kaki-kaki yang terbilang canggih, namun bila dibandingkan dengan kembarannya yaitu Citroen Xantia, Peugeot 406 masih kalah canggih, lantaran pada mobil Citroen Xantia sudah menganut suspensi Hydro Pneumatic.

Salah satu keunggulan paling menonjol yang dimiliki oleh Peugeot 406 terletak pada suspensinya yang super nyaman lengkap beserta handling yang maknyus. Pada sektor interiornya pun terbilang mewah dan elegant, yang mana sudah dilengkapi dengan jok kulit sampai dengan panel kayu untuk yang type lemans. Design mobil Peugeot 406 terutama untuk yang seri D9 berkesan sangat timeless. Jika anda tertarik dengan mobil ini, sobat tidak perlu mengeluarkan kocek yang terbilang mahal, hanya dengan mengeluarkan anggaran sebesar 30-50 juta Rupiah tergantung dengan tahun, tipe dan kondisi mobil, sobat langsung bisa membawa pulang mobil buatan eropa ini.

Kelemahan dari mobil Peugeot 406 ini terletak pada bagian perawatannya yang harus ekstra dan pula harus sesuai dengan buku panduannya. Jika telat saja merawat mobil ini, atau menunda kerusakan ringan yang ada, maka lambat laun akan merembet pada keruasakan lainnya. Pengalaman saya pribadi yang memang mempunyai mobil Peugeot. Sangat direkemondasikan agar tidak membawa mobil Peugeot 406 ini pada bengkel yang bukan spesialis Peugeot 406 agar mobil ini tetap terjaga keawetannya. Dan satu hal lagi, jangan juga anda merubah kelistrikan dengan cara potong jumper pada mobil ini, lantaran nantinya akan berakibat fatal dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Spesifikasi Lengkap Mobil Peugeot 406

Jenis : Sedan
Type : 406
Bore X Stroke : 86.0 x 86.0 mm (XU10), 85.0 x 88.0 mm (EW 10)
Mesin : XU10J4R DOHC 1998cc (D8), EW10J4R DOHC 1997 cc (D9)
Bahan Bakar Sistem : Injeksi
Transmisi : Manual 5 Speed, Matic 4 Speed
Panjang : 455 cm
Lebar : 176.4 cm
Tinggi : 139.6 mm
Wheelbase : 270 cm

Demikianlah informasi seputar Kelebihan dan Keunggulan Mobil Peugeot 406 D8 dan D9. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.  Terima kasih dan wassalam.

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeout 406 D8 dan D9 | Untuk Anda Yang Sedang Berencana Membeli Mobil Peugeot 406"

  1. Nanya dunk... Maksudnya perawatan extra itu di bagian apa? Dan spare partnya gimana keberadaanya di pasar? Tks

    ReplyDelete
  2. Ada yang minat ngga 406 punya aku mau dilepas... Lokasi Tasik Kota

    ReplyDelete
  3. Klo beli part untuk mobil ini yg banayk di mana ea yg kumplit

    ReplyDelete