Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806

Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806 : Mobil Peugeot 806 merupakan mobil MPV berkarakter Eropa sekali. Akan tetapi terdapat sedikit perbedaan bila dibandingkan dengan saudaranya yang tentu sama-sama beredar di Indonesia. Peugeot 806 dikenal pula dengan tidak rewelnya dan serta tidak sering terjadi masalah yang serius pada sektor elektrikal dan suspensi yang sering terjadi kendala pada Peugeot dengan type sedan. Karena berkat keawetan pada sektor inilah sehingga mengapa untuk harga bekas mobil Peugeot 806 ini tetap setabil.

Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806

Disamping kabin serta suspensi yang begitu nyaman, keunggulan lain dari mobil Peugeot 806 ini yaitu mesin turbo diesel. Konsumsi BBM irit namun tetap akselerasinya cukup cepat. Untuk konsumsi BBM normalnya pada dalam kota itu sekitar 12 km/ Liter. Meskipun sudah menggunakan teknologi HDI, akan tetapi mesinnya sendiri masih konvensional sehingga untuk sparepart dan perawatannya masih terbilang terjangkau atau tidak terlalu mahal. Jok yang berjumlah 7 tempat duduknya pun dapat dilepas, jadi anda tetap bisa membawa barang-barang dalam jumlah banyak jika diperlukan dengan menggunakan mobil ini. Pintu penumpangnya pun sudah sliding, sehingga semakin memberikan kesan elegant nan mewah. Selain itu, pada posisi pengemudi pun terbilang nyaman dengan posisi shifter yang tinggi dan menempel di dashboard.

Saat kemunculannya di Indonesia, mobil Peugeot 806 ini cukup mendapat banyak simpati. Karena banyak yang meyakini bahwa Peugeot itu terkenal rewel sekali. Memang tidak dipungkiri bahwa ada beberapa model Peugeot yang rewel seperti Peugeot 306. Apa faktor rewel dari mobil buatan Prancis ini? Salah satunya karena ketidak pahaman yang punya terhadap karakter mobil buatan Prancis ini. Namun jika yang punya bisa menjinakkan karakter mobil berlogo singa ini, tentunya mobil ini tidak akan rewel seperti kebanyakan orang yang mempercayainya.

Untuk Peugeot 806 tidak ada perbedaan yang signifikan untuk produksi per tiap tahunnya. Hanya terletak pada komponen mesinnya saja, yang mana untuk produksi tahun keluaran pertama mesinnya 2000 cc 8 katup. Sedangkan pada tahun 2001 keluar Peugeot 806 dengan mesin 16 katup. Perbedaan yang paling menonjol dan dapat dilihat dari keduanya yaitu terletak pada head unit. Versi 16 katup telah dilengkapi dengan head unit single CD. Namun amat disayangkan, untuk type kedua versi ini belum tersedia versi maticnya.

* Kelebihan Peugeot 806 *
  • Irit
  • Lebih Bertenaga
  • Tangguh
  • Lega
  • Praktis
  • Feature cukup lengkap
  • Kabin Tidak Sulit untuk dibersihkan

  • Jok Tidak Dapat Dilipat Rata, Sehingga Joknya Harus Dilepas
  • Interior Kurang Mewah
  • Karet-karet pada body nya rentan sekali getas
  • Tidak Tersedia Turbo Timer
  • Tidak Ada Velg Alloy Standar
  • Konfigurasi Instrumen yang berbeda dengan kebanyakan pada mobil (seperti rem tangan berada pada lantai sebelah kanan jok pengemudi, dan tombol PW paling belakang terdapat pada langit-langit tengah depan)
Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806

Peugeot 806 merupakan Peugeot tertangguh yang pernah dirasakan. Jika melihat dari sektor body atau tampilan memang berkesan sedikit konvensional namun segi kekuatan mesinnya mampu mengalahkan semuanya. Pada jalanan on road, karakter mesinnya merupakan gabungan dari 306 yang memang tangguh pada putaran bawah dan perpaduan 406 yang kuat pada putaran atas. Ditambah lagi akselerasi pada jalan menanjak, 4 truk saja yang tidak kuat menanjak di jalan Cihanjuang dapat dilalui dengan mudahnya. Namun yang masih kurang keren itu pada bagian interiornya yang berkesan biasa saja untuk sekelas mobil eropa serta sistem Audionya yang biasa saja. Padahal untuk keredaman atau kesunyian kabin sudah tidak dapat diragukan lagi sehingga sangatlah layak jika dilakukan upgrade sistem surround 7.1.

Bagian ini sangat vital dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika komponen ini rusak. Kesalahan terjadi akibat salah menggunakan jenis oli serta penggunaan. Dan untuk gejalanya yaitu terdengar suara berisik pada Turbo ketika dilakukan akselerasi. Dan untuk solusinya, sebaiknya diamkan mesin pada saaat akan dimatikan. Langkah seperti ini sangat penting sekali, karena yang tadinya turbo bekerja dalam keadaan panas, maka turbo akan didinginkan oleh pelumas mesin. Jadi ketika mesin mati, penyusutan yang terjadi akan normal. Dan untuk cara yang paling mudah yaitu dengan cara menambahkan Turbo timer yang berfungsi dapat mendelay mati mesin ketika kunci kontak diputar kearah off. Pada saat Delay inilah turbo akan turun dengan normal yang didinginkan oleh oli.

Inilah biang atau sumber penyebab terjadinya mesin panas. Karena pada Peugeot 806 itu menggunakan 2 electric fan yang mampu berputar pada 2 mode. Yaitu mode low dan hight, seringnya itu ketika fan rusak atau mati yang diganti hanya satu fan. Jadi putaran fan tidak sama dan menjadikan mesin mobil ini mudah sekali panas. Jangan lupa untuk lakukan juga tekanan freon ac, karena tekanan freon juga dapat berpengaruh pada putaran kipas.

Meskipun supensinya tidak terlalu riskan seperti Peugeot bertype sedan, akan tetapi karena beban MPV yang cukup berat jadi membuat kerja long tie rod menjadi lebih berat. Jadi kebanyakan masalah yang sering terjadi yaitu tie rod longgar. Jadi anda perlu memeriksa tie rod ini dengan cara menggerak-gerakkan tie rod dan manuver belok ketika test drive.

Cara mendeteksi yang paling gampang yaitu dengan cara mendengarkan mesin ketika baru dihidupkan pada pagi hari. Jika terdengan suara berderit dari puli crankshaft, berarti komponen ini harus segera diganti.

Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806

Merk : Peugeot
Model : 806
Tahun Pembuatan : 2000 - 2002
Kode Bodi : U60
Transmisi : Manual 5 Speed
Harga Baru (2003) : Rp. 344 Juta
Harga Second (2017) : Rp. 90 - 100 Juta
Dimensi : P 445.4 cm x L 183.4 cm x T 171.4 cm
Wheelbase : 282.4 cm
Feature : Dual Air Bag, ABS, Individual seat (all row) with 3-point ELR seatbelt, Front and 2nd row Captain seat, 8 cup holder, 2nd row ISO fix seat, 2 picnic table, Front and Rear Fog Lamp, Power Window on all side, Electric Folding Mirror with heater, Auto Climate Control  AC with Digital Control Panel, All Side Reading Lamps, Outside Temperature Indicator, Keyless Entry, Tinted Window.
Ukuran Ban : 205/65/R15
Penggerak : Depan
Suspensi : McPherson Strut Wishbone with Stabilizer (front)/ Helical Spring (Rear)
Bobot : 1570 Kg
Rem : Ventllated Disc (Front)/ Drums (Rear)
Kapasitas BBM : 80 Liter
Kode Mesin : DW10AETD
Silinder : 1997 cc
Bore x Stroke : 85 mm x 88 mm
Konfigurasi : 8 Katup SOHC 4 silinder segaris
Kompresi : 17.6:1
Tenaga Maks : 110 PS@ 4000 Rpm
Torsi Maks : 250 Nm @ 1750 rpm
Sistem Bahan Bakar : Bosch Common Rail, HDI
Kode Mesin : DW10AETD4
Silinder : 1997 cc
Bore x Stroke : 85 mm x 88 mm
Konfigurasi : 16 Katup Twincam SOHC 4 silinder segaris
Kompresi : 17.6 : 1
Tenaga Maks : 110 PS@4000 RPM
Torsi Maks : 270 Nm@1750 Rpm
Sistem Bahan Bakar : HDI, Bosch Common Rail

Sekian informasi seputar Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806. Semoga Informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam.

Baca Juga : 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Mobil Peugeot 806 Lengkap Dengan Spesifikasi | Kekurangan dan Kelebihan Mobil Peugeot 806"

Post a Comment