Dibekali dengan model sporty sampai dengan saat ini, sehingga mobil Peugeot 405 ini masih terlihat keren hingga saat ini. Disamping sedan 4 pintu ternyata diluar sana terdapat juga dengan versi station wagon serta versi 4 WD. Namun untuk yang masuk di Indonesia memang sayangnya hanya Peugeot 405 yang type sedan 4 pintu dengan gardan penggerak pada roda depannya. Jika sobat tertarik ingin memeiliki mobil ini, sudah terdapat 4 varian yang Peugeot 405 yang sudah tersedia di Indonesia. Yang membedakan dari keempat varian mobil Peugeot 405 ini hanya terletak pada sektor aksesoris saja.
Dari keempat varian mobil Peugeot 405 yang terdapat di Indonesia yaitu meliputi type SRi, SR, STi dan STi Le Mans. Dari keempat varian Peugeot 405 ini perbedaannya terletak selain pada aksesoris, perbedaan lainnya terletak pada sistem pembakarannya. Untuk type SR sendiri masih mengusung sistem pembakaran karburator, sedangkan untuk type STi, SRi dan Le Mans sudah mengusung sistem pembakaran injektion. Dan untuk sektor eksterior, garnis type SR tidak ada dan hanya terdapat pelastik dengan warna abu-abu. Sedangkan untuk type SRi terdapat semacam reflektor lengkap beserta tulisan Peugeot, sedangkan untuk type STi masih polos sesuai bodi bagasi. Perbedaan lainnya terletak pada sektor velg, untuk Peugeot 405 yang type SR masih menggunalan velg kaleng berdiameter 14 inchi dengan menggunakan dop sedang. Sedangkan untuk tipe Peugeot 405 SRi dan STi sudah menggunakan velg standar. Sedangkan untuk yang type Lemans sudah menggunalan velg 15 inchi. Selain type SR terdapat foglamp pada bagian depannya. Dan khususnya untuk type Le Mans sudah dilengkapi dengan body kit lengkap dengan spoiler lengkap dengan emblem Le Mans pada bagian samping, belakang serta dashboard. Dan untuk jok mobilnya sendiri, sudah dilengkapi dengan jok kulit.
Untuk segi interior dari Mobil Peugeot 405 SR masih mengusung drum brake atau dengan kata lainnya rem tromol pada bagian belakang dan rem cakram pada bagian depan. Sedangkan untuk type lainnya sudah mengusung rem cakram pada keempat rodanya. Fitur - fitur yang terdapat pada type Peugeot 405 SR memang tergolong basic karena tidak ada Driver Seat Hight Adjuster atau pengaturan ketinggian jok sopir dan kaca spion elektrik serta transimisi otomatis yang sudah terdapat pada Peugeot 405 type lainnya. Sebagai alternatif, sudah disediakan pengatur sepion manual serta pengaturan ketinggian headlamp yang dapat diatur manual layaknya Peugeot 405 SRi. Dan untuk type lainnya telah menggunakan mekanisme elektrik. Ternyata untuk Per bagian depan dari Mobil Peugeot 405 SR lebih pendek ketimbang dengan type STi serta SRi.
Peugeot 405 STi
Sebenarnya untuk Peugeot 405 mempunyai mesin 4 silinder beserta pilihan 1900cc dan 2000cc dengan type XU9 dan XU10. Untuk type SR, SRi dan STi sebelum 1995 menggunakan mesin XU9 sendangkan untuk type STi setalah 1994 dan Le Mans menggunakan mesin XU10. Mesin XU9 SOHC 2 Valve per cylinder (8 valve) berkapasitas 1905cc dengan menggunakan karburator 2 barrel untuk yang type SR (XU92C) serta injeksi jetronic untuk type SRi dan STi sebelum 1995 (ZU9J2). Untuk Mesin XU9 ini menggunakan material berbahan aluminium untuk blok mesinnya sehingga rentan retak dan yang paling parah bisa pecah jika tidak dirawat. Sebenarnya mesin XU9 ini sama persis dengan yang digunakan oleh mobil Citroen BX 19. Sedangkan untuk Peugeot 405 Le Mans dan STi menggunakan mesin XU10 injection motronic dengan tipe STi masih SOHC 8 valve (XU10 J2) dan untuk Le Mans sendiri sudah DOHC 16 Valve (XU10 J4). Untuk blok mesin dari XU10 ini telah menggunakan material berbahan besi cor maka kualitas dari mesin ini jauh lebih kuat dari kebocoran bila dibandingkan dengan mesin XU9.
Baca Juga : Kelebihan Serta Kelemahan Mobil Peugeot 306
Kelebihan dari mobil Peugeot 405 terutama untuk yang type SR ini terletak pada perawatannya karena masih mengusung sistem pembakaran yang masih menggunakan karburator. Selain itu mobil ini pun masuk kategori mobil mid size yang tentunya mampu memberikan kenyamanan. Dan untuk sparepart mobil ini pun masih banyak serta harga nya pun standar dan terjangkau. Selain itu harga mobil ini pun yang terbilang terjangkau, dengan budget hanyar Rp. 30 juta sobat sudah bisa mendapatkan mobil ini lengkap dengan full option. Performa mesin yang dihasilkan pun tergolong cukup tangguh karena sudah menggunakan mesin XU10 pada 405 Le Mans.
Dan untuk kelemahan Peugeot 405 yaitu terletak pada mencari unit yang sudah agak sulit. Hal ini tergolong wajar karena mobil ini dibandrol dengan harga murah jadi terkesan perawatan terhadap mobil ini pun berkesan asal-asalan. Untuk blok mesin XU9 dibalut dengan material berbahan aluminium maka tentunya rentan pecah dan retak apalagi jika overheat.
* Spesfikasi Lengkap Mobil Peugeot 405 *
Jenis : Sedan
Type : 405 Wheel Base : 2.669 mm
Panjang : 4.408 mm
Lebar : 1.716 mm Tinggi : 1.390 mm
Mesin : XU9 SOHC 1900cc (SR, SRi, STi before 1995), XU10 SOHC 2000cc (STi after 1994), XU10 DOHC 2000cc (STi Le Mans)
Bore X Stroke : 83.0 x 88.0 mm (XU9), 86.0 x 86.0 mm (XU10)
Sistem Bahan Bakar : Karburator (SR), Otomatis 4 Speed (SRi, STi, Le Mans)
Transmisi : Manual 5 Speed (all), Otomatis 4 Speed (SRi, STi, Le Mans) |
0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Mobil Peugeot 405"
Post a Comment